Monday 23 May 2011

Masih Bisakah Produk Makanan Kedaluwarsa Dikonsumsi?

kadaluarsa

Kebanyakan orang pasti enggan mengonsumsi produk makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya. Padahal beberapa negara mengenal 2 jenis tanggal kedaluwarsa, yakni best before dan expired date. Apa bedanya?

Aturan mengenai hal ini berbeda-beda di setiap negara, namun pada yang diatur adalah distribusi dan penjualan. Artinya, produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa sama sekali tidak boleh diedarkan dan diperjualbelikan.

Sedangkan perbedaan antara kedua istilah tersebut terletak pada tingkat keamanan untuk dikonsumsi. Meski sudah tidak ada jaminan dari produsen maupun distributor, konsumen masih bisa menentukan sendiri bisa atau tidaknya produk itu digunakan.

Dikutip dari Betterhealth, Senin (9/8/2010), istilah best before menunjukkan batas suatu produk masih dijamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun setelah tanggal tersebut terlewati, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasannya masih utuh.

Agar tetap bisa digunakan, produk tersebut harus disimpan dengan cara tertentu sesuai petunjuk disertakan. Misalnya harus disimpan di tempat sejuk dan kering atau terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Karena memang sudah tidak dijamin oleh pembuatnya, penilaiannya memang hanya didasarkan pada common sense atau yang tampak dari luar. Misalnya jika berjamur atau mengalami perubahan rasa dan warna, maka sebaiknya produk itu tidak dikonsumsi.

Sementara itu, istilah expired date atau use-by digunakan untuk produk yang menyebabkan risiko kesehatan secara langsung ketika sudah melewati tanggal yang tercantum. Biasanya dicantumkan pada produk-produk yang tidak stabil atau mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang, misalnya daging dan beberapa jenis keju.

Expired date dan use-by merupakan batas yang relatif lebih tegas dibandingkan best before. Dengan alasan keamanan dan kesehatan, jangan pernah mengonsumsi produk makanan yang telah melewati batas expired date atau used-by.

Untuk lebih amannya lagi, jangan membeli produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa. Peraturan yang berlaku melarang siapapun memperdagangkan makanan yang telah kedaluwarsa, baik yang dinyatakan dengan best before maupun expired date.

0 comments:

Post a Comment